Social Icons

Friday, October 31, 2014

MAKALAH IDENTIFIKASI OLAHRAGA YANG ADA DI MASYARAKAT

I.                   PENDAHULUAN
a.       LATAR BELAKANG

Program panji “Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat”, memang masih relevan untuk memajukan olahraga di Indonesia. Bagaimana kita melakukan gebrakan supaya olahraga Indonesia bisa berjaya lagi.
Pemikiran dan rencana yang ada sudah bagus. Tinggal ada atau tidaknya SDM yang ada mau mengutamakan perkembangan olahraga dari kepentingan diri sendiri. Ini yang saya risaukan karena terintervensi virus di lingkungan, sehingga olahraga harus menggebraknya. Makanya perlu ada dewan olahraga nasional seperti di Australia atau Negara maju lainya, yang terdiri atas beberapa kementerian yang dipimpin langsung presiden. Untuk itu, perlu duduk bersama untuk menyusun sistem terbaru guna mengoptimalkan peranan olahraga dalam pembinaan bangsa. Selama ini dukungan pemerintah pada pembinaan tidak terlihat jelas karena tidak ada sistemnya. Apalagi olahraga selama ini tidak dipegang oleh orang-orang yang bukan professional dalam bidang olahraga. 


b.    RUMUSAN MASALAH

·         Bagaimanakah keadaan olahraga di masyarakat dimana saya tinggal sekarang ini?
·         Apa manfaat olahraga bagi tubuh?
II.                PEMBAHASAN

OLAHRAGA telah menjadi perhatian banyak pihak, tidak saja bagi insan-insan olahraga, tetapi juga birokrat, militer, pengusaha, intelektual, insan pers, dan masyarakat umum. Olahraga telah masuk ke dalam domain publik dan bukan lagi merupakan monopoli mereka yang mengaku insan olahraga semata. Sebagian dari mereka berpandangan olahraga indentik dengan prestasi, sehingga kalau membangun olahraga berarti membangun olahraga prestasi. Sementara sebagian yang lain berpandangan bahwa olahraga yang diperuntukan bagi semua orang (sport for all) lebih bermanfaat bagi bangsa yang sedang membangun.
Seperti yang terjadi dalam masyarakat di tempat saya tinggal sekarang ini. Olahraga sangat digemari oleh semua kalangan dari anak-anak hingga orang tua,tapi ada suatu permasalahan yang terjadi dan ini mungkin juga terjadi di daerah lain yaitu minimnya sarana dan prasarana yang tersedia. Misal dari anak-anak yang suka bermain sepakbola di lapangan,memang pemerintah kabupaten sudah membuat lapangan untuk masyarakat kami tapi seolah-olah hanya dibuatkan tanah lapang yang diratakan seukuran lapangan sepakbola dan di biarkan begitu saja tanpa ada tindak lanjut lagi.
Manfaat olahraga yang baik untuk tubuh dapat kita peroleh dengan melakukan olah raga secara rutin setiap hari. Berolahraga tidak harus lama, waktu 20 menit sudah cukup untuk kita. Manfaat olahraga ada yang dapat kita rasakan secara langsung dan ada pula yang dapat kita rasakan dalam jangka waktu tertentu di masa yang akan datang. Dengan berolahraga kita dapat melepaskan kepenatan dan merefleksikan ketegangan otot-otot selama bekerja. Selain itu, masih banyak lagi manfaat olahraga yang dapat kita peroleh asalkan kita rajin melakukannya, tentunya ini sangat berguna bagi masyarakat. Sehingga, saat ini banyak yang menjadikan olahraga sebagai suatu hobi tersendiri dalam hidup mereka.

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh
Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga bagi tubuh yang dapat kita peroleh beserta penjelasannya:
  Olahraga untuk mengurangi stress. Stress dapat kita alami kapan saja dan dimana saja. Dengan berolahraga, kita dapat merenggangkan otot-otot yang tegang saat beraktifitas. Manfaat olahraga ini mampu membuat otak kita menjadi lebih fresh dan mengurangi stress.
  Olahraga untuk membakar lemak. Olahraga yang dilakukan secara rutin terbukti ampuh untuk membakar lemak dan melangsingkan tubuh. Telah banyak orang yang telah membuktikan sendiri manfaat olahraga yang satu ini.
  Olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hormon adrenalin atau serotonin adalah hormon yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit seperti batuk dan flu. Dengan ber olahraga, hormon-hormon tersebut dapat berfungsi secara efektif. Sehingga daya tahan tubuh kita juga akan meningkat.
  Olahraga untuk menunda proses penuaan. Manfaat olahraga selanjutnya adalah untuk mencegah perubahan pada tubuh yang terjadi seiring bertambahnya usia seperti kulit kendor, keriput, dll. Kegiatan olahraga secara rutin dapat membantu pembentukan sel-sel baru dan mencegah kerutan yang menyebabkan kulit menjadi keriput/kendor.

Masalah pembangunan keolahragaan harus ditelaah dan dipahami, serta dicari solusinya dari sudut pandang yang luas dan mendasar. Dari kacamata kesisteman, sangat dipahami bahwa hasil pembinaan dalam subsistem olahraga kompetitif yang menekankan pencapaian dan peningkatan prestasi terkait langsung dengan subsistem lainnya, yakni pendidikan jasmani (termasuk pendidikan olaharga) dan olahraga masyarakat. Semua subsistem itu harus dibina dan dibentuk atas landasan yang kokoh, yakni partisipasi aktif dan teratur secara meluas di kalangan masyarakat.
Sejalan dengan hal itu, perlu segera dilakukan upaya untuk mengindetifikasi berbagai kendala dan masalah di dalam masyarakat yang melatarbelakangi terjadinya kondisi tersebut. Langkah yang paling mudah yang dapat segera dilakukan antara lain adalah melakukan pengumpulan dan pengkajian terhadap berbagai dimensi yang terkait dengan olahraga. Melalui pengkajian indikator secara menyuluh tentang kondisi olahraga tersebut diharapkan dapat diperoleh berbagai masukan sebagai dasar dalam perumusan kebijakan bangunan olahraga. Hasil kajian yang disajikan dari level Provinsi dan Kabupaten juga sangat bermanfaat sebagai dasar untuk pemetaan dan penyusunan kebijakan bangunan ke depan.
Khususnya menghadapi persaingan olahraga pada abad sekarang dan kebutuhan untuk meningkatkan kualitas SDM yang unggul dan tangguh pada era 2020, tampaknya kita perlu menyamakan visi, misi dan persepsi dalam kebijakan dan strategi pembangunan olahraga. Visi olahraga adalah unsur penting dalam kerangka pembentukan kekuatan dan kebanggaan bangsa. Misi adalah untuk mewujudkan upaya pembentukan manusia seutuhnya dan masyarakat yang berkualitas, meningkatkan produktivitas dan keunggulan daya saing; serta mewujudkan prestasi olahraga yang membanggakan dan mengangkat harkat martabat bangsa.



III.             PENUTUP
a.      KESIMPULAN
Olahraga sangat penting bagi kehidupan masyarakat,selain sebagai sarana rekreasi dan hiburan bagi masyarakat setelah stres seharian beraktivitas tapi juga bisa menyehatkan masyarakat itu sendiri. Jika masyarakatnya sehat maka bangsa itu sendiri yang akan menikmati keuntungannya.

b.      SARAN
Strategi kebijakan pembangunan olahraga yang harus dilaksanakan, antara lain:
Pertama, mengintensifkan upaya pemberdayaan dan pelaksanaan panji olahraga.
Kedua, menciptakan iklim yang konduksif untuk berkembangnya olahraga sebagai kekuatan unggulan dan andalan pembangunan SDM.
Ketiga, pembinaan dan pengembangan secara bertahap, berjenjang dan berkesinambungan, serta secara konsekuen dan konsisten.

Keempat, semua aspek dan unsur yang terlibat dan terkait dengan olahraga, harus mendukung upaya ini, karena keberhasilannya tidak ditentukan oleh hanya satu aspek atau unsur saja demi mengolahragakan masyarakat.

1 comment:

 
Blogger Templates