Social Icons

Saturday, October 4, 2014

Interaksi Belajar Mengajar

I.  Pendahuluan
a.     Latar Belakang Masalah
            Kata metode berasal dari bahasa Yunani yaitu “Methodos” yang berarti cara berani atau cara berjalan yang di tempuh. Menurut Winarno Surakhmad, metode adalah cara yang didalam fungsinya merupakan alat untuk mencapai suatu tujuan ( 1976 : 74 ). Sedangkan pengertian pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Menurut Nursid Suaatmadja, metode pembelajaran adalah suatu cara yang fungsinya merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan ( 1984 : 95 ). Menurut S Hamid Hasan, metode pengajaran adalah suatu cara yang digunakan untuk memberikan kesempatan seluas – luasnya kepada siswa dalam belajar ( 1992 : 4).
            Dari dua pengertian diatas dapat di simpulkan bahwa metode pengajaran itu adalah suatu cara yang digunakan oleh guru agar siswa dapat belajar seluas – luasnya dalam rangka mencapai tujuan pengajaran secara efektif. Didalam proses belajar mengajara di perlukan suatu metode yang sesuaidengan situasi dan kondisi yang ada. Metode pembelajaran seharusnya tepat guna yaitu mampu memfunfsikan si anak didik untuk belajar sendiri sesuai dengan Student Active Learning (SAL).


b.       Rumusan Masalah

Berikan salah satu metode pembelajaran!

II.  PEMBAHASAN
Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi yaitu merupakan format belajar mengajar yang secara sengaja, menunjukan atau memperagakan tindakan, proses atau prosedur yang dilakukan oleh guru atau orang lain kepada seluruh atau sebagian siswa.
Metode demonstrasi disertai dengan penjelasan, ilustrasi, dan pertanyaan lisan atau peragaan secara tepat. (dalam Canci, 1986 : 38).
Adapun tujuan dari penerapan metode demonstrasi adalah sebagai berikut :
§  Untuk menggunakan prosedur tertentu dalam mengajar (prosedur kerja, prosedur pelaksanaan).
§  Dapat meningkatkan kepercayaan diri bagi siswa.
§  Dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam menggunakan prosedur.

Tujuan pengajaran demonstrasi menurut Winanarno Surachnat, yaitu :
§  Untuk mengajarkan suatu proses.
§  Untuk menginformasikan bahan yang di perlukan didalam proses pembelajaran.
§  Untuk mengkongkritkan informasi yang disampaikan kepada siswa.

Kelebihan dari metode demonstrasi yaitu:
§  Dapat memberikan gambaran kongkrit.
§  Siswa dapat memperoleh pengalaman langsung.
§  Dapat memusatkan perhatian siswa dalam proses pembelajaran.
§  Dapat merangsang siswa untuk mengajukan pertanyaan baru.

Kekurangannya atau kelemahan dari metode demonstrasi yaitu
§  Memerlukan persiapan yang matang.
§  Menurut peralatan yang mengacu untuk semua siswa.
§  Menentukan kegiatan lanjutan (follow up).

Langkah – langkah pelaksanaan metode demonstrasi :
a.       Persiapan
·         Menentukan adanya kesesuaian antara metode dengan tujuan yang akan dicapai.
·         Menganalisa kebutuhan peralatan yang diperlukan.
·         Mencoba peralatan dan menganalisis waktu.
·         Merangsang jenis – jenis besar tentang langkah – langkah demontrasi.

b.      Pelaksanaan
·         Mempersiapkan peralatan dari bahan yang akan digunakan.
·         Memberikan pengantar tentang demonstrasi yang akan dilaksanakan.
·         Meragakan tindakan, proses sesuatu yang disertai pelajaran.

c.      Tindak lanjut (follow up)
·        Mendiskusikan tentang beragam tindakan (petunjuk).
·        Memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan. kegiatan sesuai dengan tindakan yang telah diragakan.


 III.  PENUTUP

a.kesimpulan
Metode demonstrasi yaitu merupakan format belajar mengajar yang secara sengaja, menunjukan atau memperagakan tindakan, proses atau prosedur yang dilakukan oleh guru atau orang lain kepada seluruh atau sebagian siswa.

b. saran
Yang perlu diingat bahwa tidak ada suatu model pengajaran yang paling baik dan sempurna. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi metode yang paling baik adalah metode yang cocok dan relevan dengan materi dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sehingga guru disarankan untuk memahami dan dapat menginovasikan metode-metode dalam penerapan belajar mengajar.



DAFTAR  PUSTAKA
 memeeyy.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates