I. Pendahuluan
a.
Latar
Belakang Masalah
Kata metode berasal dari bahasa Yunani yaitu “Methodos” yang berarti
cara berani atau cara berjalan yang di tempuh. Menurut Winarno Surakhmad,
metode adalah cara yang didalam fungsinya merupakan alat untuk mencapai suatu
tujuan ( 1976 : 74 ). Sedangkan pengertian pembelajaran adalah proses interaksi
peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
Menurut Nursid Suaatmadja, metode pembelajaran adalah suatu cara yang fungsinya
merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan ( 1984 : 95 ). Menurut S Hamid
Hasan, metode pengajaran adalah suatu cara yang digunakan untuk memberikan
kesempatan seluas – luasnya kepada siswa dalam belajar ( 1992 : 4).
Dari dua pengertian diatas dapat di simpulkan bahwa metode pengajaran itu
adalah suatu cara yang digunakan oleh guru agar siswa dapat belajar seluas –
luasnya dalam rangka mencapai tujuan pengajaran secara efektif. Didalam proses
belajar mengajara di perlukan suatu metode yang sesuaidengan situasi dan
kondisi yang ada. Metode pembelajaran seharusnya tepat guna yaitu mampu
memfunfsikan si anak didik untuk belajar sendiri sesuai dengan Student
Active Learning (SAL).
b. Rumusan Masalah
Berikan
salah satu metode pembelajaran!
II. PEMBAHASAN
Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi yaitu merupakan
format belajar mengajar yang secara sengaja, menunjukan atau memperagakan
tindakan, proses atau prosedur yang dilakukan oleh guru atau orang lain kepada
seluruh atau sebagian siswa.
Metode demonstrasi disertai dengan penjelasan, ilustrasi, dan pertanyaan
lisan atau peragaan secara tepat. (dalam Canci, 1986 : 38).
Adapun tujuan dari penerapan metode demonstrasi adalah sebagai berikut :
§ Untuk menggunakan prosedur tertentu dalam mengajar (prosedur kerja,
prosedur pelaksanaan).
§ Dapat
meningkatkan kepercayaan diri bagi siswa.
§ Dapat
meningkatkan aktivitas siswa dalam menggunakan prosedur.
Tujuan pengajaran demonstrasi menurut Winanarno Surachnat, yaitu :
§ Untuk mengajarkan suatu proses.
§ Untuk menginformasikan bahan yang di perlukan didalam proses
pembelajaran.
§ Untuk mengkongkritkan informasi yang disampaikan kepada siswa.
Kelebihan dari metode demonstrasi yaitu:
§ Dapat memberikan gambaran kongkrit.
§ Siswa dapat memperoleh pengalaman langsung.
§ Dapat memusatkan perhatian siswa dalam proses pembelajaran.
§ Dapat merangsang siswa untuk mengajukan pertanyaan baru.
Kekurangannya atau kelemahan dari metode demonstrasi yaitu
§ Memerlukan persiapan yang matang.
§ Menurut peralatan yang mengacu untuk semua siswa.
§ Menentukan kegiatan lanjutan (follow up).
Langkah – langkah pelaksanaan metode demonstrasi :
a. Persiapan
· Menentukan adanya
kesesuaian antara metode dengan tujuan yang akan dicapai.
· Menganalisa kebutuhan
peralatan yang diperlukan.
· Mencoba peralatan dan
menganalisis waktu.
· Merangsang jenis – jenis
besar tentang langkah – langkah demontrasi.
b. Pelaksanaan
· Mempersiapkan peralatan
dari bahan yang akan digunakan.
· Memberikan pengantar
tentang demonstrasi yang akan dilaksanakan.
· Meragakan tindakan,
proses sesuatu yang disertai pelajaran.
c. Tindak lanjut (follow up)
· Mendiskusikan tentang beragam
tindakan (petunjuk).
· Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk melakukan. kegiatan sesuai dengan tindakan yang
telah diragakan.
III.
PENUTUP
a.kesimpulan
Metode
demonstrasi yaitu merupakan format belajar mengajar yang secara sengaja,
menunjukan atau memperagakan tindakan, proses atau prosedur yang dilakukan oleh
guru atau orang lain kepada seluruh atau sebagian siswa.
b. saran
Yang perlu diingat bahwa tidak ada suatu model pengajaran yang paling baik
dan sempurna. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Jadi metode yang paling baik adalah metode yang cocok dan relevan dengan materi
dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sehingga guru disarankan untuk memahami dan dapat menginovasikan metode-metode dalam
penerapan belajar mengajar.
DAFTAR PUSTAKA
memeeyy.blogspot.com
No comments:
Post a Comment