A.
Gaya Komando (Command Style)
1.
RESPONS
LANGSUNG TERHADAP STIMULUS (Guru memberi contoh/ memberi aba-aba, siswa
menirukan/mengikuti)
2.
Tujuannya
adalah penampilan yang cermat
3.
Guru
menentukan irama penampilan komando pra pertemuan :
a. Keputusan oleh guru dalam pertemuan:
b. Keputusan oleh guru pasca pertemuan:
c. Keputusan oleh guru sasaran gaya
komando
Merinci
peranan guru, peranan siswa, dan hasil yang dicapai Sasaran yang dicapai akan
melibatkan siswa yang akan mengikuti perintah/petunjuk guru dengan sasaran
sbb.:
1.
Respons
langsung terhadap petunjuk yg diberikan
2.
Penampilan
yang sama/seragam
3.
Penyesuaian
4.
Penampilan
yg disinkronkan
a. Mereproduksi model (mengikuti)
b. Ketepatan dan kecermatan respons
c. Meneruskan kegiatan dan tradisi
kultural
d. Mempertahankan tingkat estetika
e. Meningkatkan semangat kelompok
f. Penggunaan waktu secara efisien
g. Pengawasan keamanan
Menyusun Pembelajaran Gaya Komando
Semua keputusan sebelum Pembelajaran dibuat oleh guru
1.
Pokok
bahasan
2.
Tugas-tugas
3.
Organisasi
Semua keputusan selama pertemuan dibuat oleh guru:
1) penjelasan
2) penyampaian materi
3) penjelasan prosedur organisasi
4) urutan kegiatan
4.
Semua
keputusan pasca pertemuan dibuat oleh guru: Umpan balik kepada siswa Sasarannya
hrs banyak memberi waktu untuk pelaksanaan tugas implikasi gaya komando Standar
penampilan sudah mantap Materi pembelajaran dipelajari dg meniru Materi pemb.
dibagi-bagi agar mudah ditiru Tidak ada perbedaan individual unsur-unsur khas
gaya komando Semua keputusan dibuat oleh guru Menuruti petunjuk dan
melaksanakan tugas merupakan keg. utama siswa Menghasilkan tingkat keg. yang
tinggi Dapat membuat siswa merasa terlibat dan termotivasi Mengembangkan
perilaku disiplin kelemahan gaya komando Tidak Dalam gaya
komando ini guru penjas harus aktif karena penjelasan , penyampaian materi
diberikan oleh guru penjas itu sendiri.dalam gaya komando dari pra
pertemuan,dalam pertemuan dan pasca pertemuan keputusan semua diambil oleh guru
penjas.
Unsur-Unsur
Khas Gaya Komando
1.
Semua keputusan dibuat oleh guru
2.
Menuruti petunjuk dan melaksanakan tugas
merupakan kegiatan utama siswa
3.
Menghasilkan tingkat kegiatan yang
tinggi
4.
Dapat membuat siswa merasa terlibat dan
termotivasi
5.
Mengembangkan perilaku disiplin
6.
demokratis
Penyaluran aspek sosial,
B.
Metode
Komando (Comand Style)
Gaya
komando atau gaya perintah ini, semua keputusan diambil oleh guru.
1.
Sasaran Metode
a. Bagian
ini akan merinci peranan guru, peranan siswa, dan hasil yang akan dicapai
karena menggunakan gaya yang diuraikan.
b. Dengan
menggunakan gaya komando, maka sasaran yang akan di capai akan melibatkan siswa
yang akan mengikuti petunjuk-petunjuk guru, dengan sasara-sasaran tertentu.
2.
Menyusun Pelajaran Metode Metode Komando
a. Semua
keputusan pra pertemuan (pokok bahasan, tugas-tugas, organisasi, dan lain-lain)
dibuat oleh guru.
b. Semua
keputusan selama pertemuan berlangsung dibuat oleh guru.
c. Keputusan
pasca pertemuan :
d. Umpan
balik kepada siswa
e. Sasarannya
: harus memberi banyak waktu untuk pelaksanaan tugas.
3.
Implikasi Penggunaan Gaya Komando
a. Standar
penampilan sudah mantap dan pada umumnya satu model untuk satu tugas.
b. Pokok
bahasan dipelajari secara meniru dan mengingat melalui penampilan.
c. Pokok
bahasan dipilah-pilah menjadi bagian-bagian yang dapat ditiru.
d. Tidak
ada perbedaan individual: diharapkan menirukan model.
4.
Unsur-Unsur Khas Dalam Pelajaran Dengan
Menggunakan Metode Komando
a. Semua
keputusan dibuat oleh guru.
b. Menuruti
petunjuk dan melaksanaan tugas adalah kegiatan utama siswa.
c. Menghasilkan
tingkat kegiatan yang tinggi.
d. Dapat
membuat siswa merasa terlibat dan termotivasi.
e. Mengembangkan
perilaku berdisiplin, karena harus menaati prosedur yang telah ditetapkan.
5.
Saluran-Saluran Pengembangan
a. Menurut
mosston, selama masa pembelajaran, setiap orang mempunyai kesempatan untuk
mengembangkan ketrampilan-ketrampilan fisik, sosial, emosional dan kognitifnya.
b. Mosston
berbicara tentang 4 saluran perkembangan :
c. Salran
fisik : meningkat dengan pesat selama menggunakan gaya komando.
d. Saluran
sosial : terbatas
e. Saluran
emosional : terbatas
f. Salura
kognitif : terbatas
emosional, dan kognitif sangat terbatas
No comments:
Post a Comment